Rabu, 04 Desember 2013

Microsoft Membeli Nokia

Microsoft baru saja mengumumkan telah membeli Nokia, dimana pembelian ini hanya akan mengambil divisi hardware dan divisi services beserta paten-nya yang notabene merupakan core product dari Nokia. Hal ini membuat Nokia hanya menyisakan 3 divisi yaitu NSN (infrastruktur network), HERE (pemetaan), dan Advanced Technologies.

Sebagai bagian dari transaksi, CEO Nokia saat ini Stephen Elop akan mengundurkan diri dan bergabung dengan Microsoft, dimana ada kemungkinan Stephen Elop sedang dipersiapkan untuk menggantikan Steve Balmer yang akan mundur dari CEO Microsoft. Selain perpindahan CEO, sebanyak 32.000 ribu pegawai juga akan pindah dari Nokia ke Microsoft termasuk 18.300 pegawai manufaktur.
Harga Nokia yang harus dibayarkan Microsoft senilai US$7 Milyar kedengarannya sangat besar, tapi sebenarnya harga tersebut sangatlah murah mengingat 5 tahun yang lalu (bulan september 2008) market cap Nokia lebih dari US$75 Milyar. Apalagi Nokia dibeli jauh lebih murah ketimbang saat Microsoft membeli Skype yang mencapai US$8,5 Milyar.
Pembelian Nokia kemungkinan besar dimaksudkan Microsoft untuk dapat memperkuat amunisi Windows Phone 8 sehingga dapat menantang raksasa mobile seperti Apple (iOS), Google + Motorola (Android) dan juga Samsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Hams

 
Copyright 2009 Sebuah Blog. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator