Rabu, 04 Desember 2013

OS Bada???













Yak, mungkin kalian masih asing dengan nama ini. Bada merupakan basis ponsel cerdas yang diluncurkan oleh perusahaan Samsung Electronics Co.Ltd, sebuah perusahaan yang mengembangkan bidang elektronik dan berpusat di Korea. Samsung Bada diluncurkan di Indonesia pada 10 Desember 2009 di Jakarta. Bada yang dalam Bahasa Korea berarti "Samudera", menjadi platform bebas terbuka untuk dieksplorasi para pengembang software aplikasi atau dengan istilah lainnya Bada adalah
sistem operasi terbuka untuk HP atau operating system open mobile platform yang bertugas untuk mengatur dan menjalankan semua fungsi software handphone. Bada mempunyai sifat yang sama dengan system operasi milik Google yaitu Android. Bada mungkin hanya bisa ditemui pada Ponsel Samsung yang memakai (TouchWiz User Interface). Contoh produk dari OS ini ialah
  1. S8500 Wave
  2. S5253 Wave 525
  3. S5333 Wave 533
  4. S5753 Wave 575
  5. S8530 Wave II
 Namun nama Bada semakin meredup seiring berkembangnya dan peminat yang banyak dari OS Android. Seiring berjalannya waktu akhirnya Samsung resmi menutup Bada, dan membuat OS yang baru untuk menggantinya. OS yang akan dibuat ialah OS Tizen. Info lebih lanjutnya sebagai berikut :
(dikutip dari : http://www.tabloidpulsa.co.id/news/6751-samsung-akhirnya-resmi-menutup-bada-dan-membuat-tizen-sebagai-gantinya)

"Akhirnya Samsung secara resmi menghentikan OS Bada, Setelah mereka menyerah untuk mengembangkan OS yang mereka buat sejak lama ini.
Namun Mereka tidak sama sekali menghilangkannya, akan tetapi produsen Korea ini akan mengintegrasikan OS Bada ke dalam proyek OS Tizen. Informasi ini didapatkan dari tangan pertama datang dari Hong Won-pyo, Presiden Samsung Media Solutions Center.

Hal ini menyusul keputusan Nokia tidak lagi mendukung MeeGo, sehingga OS Tizen muncul sebagai proyek open source pengembangan potensi menarik lainnya.

Meski smartphone yang menjalankan Bada tidak akan dapat meng-upgrade ke Tizen, kabar baiknya OS baru Tizen ini mungkin akan kompatibel dengan aplikasi Bada.

Samsung jelas berharap dengan menggunakan platform ini adalah dalam upayanya untuk mengatur mereka terpisah dari Android dan Windows Phone.

Produsen asal korea ini juga telah berkomitmen untuk merilis beberapa perangkat yang menjalankan Tizen tahun ini."


Tinggal kita tunggu waktunya, akankah OS yang akan datang ini lebih hebat dari pendahulunya? biar waktu yang kan menjawab.

Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat~

Wassalamualaikum wr.wb




1 komentar:

Hafish mengatakan...

weseleh, punya(nya) OS Badda terus jadiin postingan... :p

Posting Komentar

Hams

 
Copyright 2009 Sebuah Blog. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator